Search

Fajar Beri Waktu Pedagang Pasar Rejomulyo untuk Pindah Sampai ...

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, memberikan waktu kepada para pedagang ikan di Pasar Rejomulyo atau Pasar Kobong yang lama untuk pindah ke Pasar Rejomulyo baru hingga akhir Agustus ini.

Fajar menuturkan, jika pedagang tetap bersikukuh bertahan di pasar lama, terpaksa pasar baru akan diisi dengan pedagang lain.

Hal itu sebagaimana disampaikannya dalam surat peringatan terakhir yang dilayangkan pada akhir Juli lalu.

"Kami masih beri waktu sampai akhir Agustus. Jika tidak menempati Pasar Rejomulyo baru, kami pastikan pedagang di pasar lama tidak akan dapat tempat karena akan kami isi dengan pedagang lain," kata Fajar, Sabtu (18/8/2018).

Fajar mengatakan, dirinya akan bersikap tegas kepada para pedagang. Hingga saat ini, ia mengklaim telah ada sekitar 40 pedagang ikan basah dari total 66 pedagang, yang menyatakan akan pindah ke pasar baru.

Dari 40-an pedagang yang siap pindah tersebut, katanya, satu per satu pedagang mulai pindah ke Pasar Rejomulyo baru. Oleh karena itu, Fajar optimistis Pasar Rejomulyo baru akan terisi penuh pada akhir Agustus ini.

"Dari 40 pedagang yang sudah siap pindah, sampai dengan hari ini ada sekira 5-10 pedagang yang mulai memindahkan barang dagangannya," paparnya.

Fajar menyatakan terkait relokasi pasar ini pihaknya tidak mau diatur oleh siapapun. Pasalnya, pemindahan itu mutlak kewenangannya. Fajar tidak mempermasalahkan para pedagang melakukan upaya hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Kami rasa harus tegas. Kami tidak mau dipermainkan dengan gugatan-gugatan itu. Kami sudah menang di PTUN. Pasar sudah dibangun, jika tidak ditempati maka jadi mangkrak. Apalagi kami ditarget PAD dari pasar tersebut,” tegasnnya.

Pihaknya tidak akan bertanggung jawab jika nantinya Bagian Asset Pemkot Semarang mulai membongkar pasar yang lama, namun para pedagang belum pindah ke Pasar Rejomulyo baru. Jika kondisi pasar telah penuh oleh pedagang selain pedagang Rejomulyo lama, maka pihaknya tidak akan mencarikan tempat.

Ia mengungkapkan, setelah pedagang direlokasi, rencananya Bagian Aset Pemkot Semarang akan melelang pembangunan ruang terbuka hijau di eks Pasar Rejomulyo lama.

Di sisi lain, terkait permintaan paguyuban pedagang atas perbaikan luasan, Fajar mengatakan, hal itu sudah dijawab dalam persidangan di PTUN Semarang. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi pedagang untuk menolak menempati pasar baru.

"Mereka kan hanya bergeser sektiar 100 meter saja, tidak jauh. Dibandingkan pedagang yang ada di BKT, dan pasar lainnya, Rejomulyo ini jauh lebih baik. Maka kami mohon, pedagang yang sudah mendapat tempat untuk segera pindah," pintanya. (Nal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://jateng.tribunnews.com/2018/08/18/fajar-beri-waktu-pedagang-pasar-rejomulyo-untuk-pindah-sampai-akhir-agustus-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fajar Beri Waktu Pedagang Pasar Rejomulyo untuk Pindah Sampai ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.