Search

Pasar Saham AS Berfluktuasi Tajam pada Pembukaan Selasa Pagi

Nilai saham-saham di Amerika berfluktuasi tajam Selasa pagi (6/2), setelah menguat menyusul penurunan tajam di pasar-pasar saham Asia dan Eropa.

Kegoncangan ini terus berlanjut sehari setelah Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan paling tajam dalam satu hari, koreksi paling negatif dalam sejarah selama lebih dari 120 tahun.

Dow Jones anjlok 530 point ketika pasar dibuka Selasa pagi, sementara Standard & Poors 500 terpuruk 1,3 persen. Saham-saham di Indeks Komposit Nasdaq anjlok 1,1 persen.

Selasa pagi, indeks pasar-pasar saham utama di Asia juga turun tajam, ketika aksi jual secara besar-besaran di Wall Street hari Senin (5/2) bergulir ke seluruh dunia.

Indeks Nikkei Jepang sempat terkoreksi negatif tujuh persen dalam salah satu sessi perdagangannya, sebelum ditutup di posisi 21.610 point, atau berarti turun hampir lima persen. Disusul Hang Seng Hong Kong yang juga turun lebih dari lima persen, menjadikan perdagangan hari Selasa sebagai yang terburuk sejak Agustus 2015.

Indeks acuan di Australia dan Korea Selatan juga mengalami kerugian serius.

Perdagangan awal di FTSE 100 London juga turun 3,4 persen di posisi 7.081 point.

Perdagangan di pasar-pasar saham di Asia hari Selasa terkena dampak penurunan di penutupan Dow Jones hari senin, yang terjun bebas 1.175 point atau penurunan terbesar dalam sejarah Amerika. Standard & Poor 500 juga mengalami hari buruk dengan anjlok lebih dari empat persen di posisi 2.648 point.

Pasar saham kehilangan sekitar satu triliun dolar Amerika sejak Jum’at (2/2) ketika Dow Jones kehilangan 666 point. Penurunan itu terjadi pasca laporan lapangan kerja yang solid, yang menunjukkan bahwa perekonomian Amerika menambah 200 ribu lapangan kerja baru dan kenaikan upah paling cepat dalam sepuluh tahun. Pasar tenaga kerja yang kian sengit dan kenaikan upah mendorong kekhawatiran investor akan potensi inflasi yang lebih tinggi dan kemungkinan Bank Sentral Amerika menaikkan suku bunga lebih cepat dan lebih tinggi dibanding beberapa tahun terakhir ini. [em]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.voaindonesia.com/a/pasar-saham-as-berfluktuasi-selasa-pagi-/4241465.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasar Saham AS Berfluktuasi Tajam pada Pembukaan Selasa Pagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.