Search

Harga Telur Menjulang, Pemerintah Lakukan Operasi Pasar Besok

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengaku akan melakukan operasi pasar esok hari, Kamis (18/7), demi menjaga harga telur ayam yang kini melonjak tinggi.

Hanya saja, Amran tak menyebut sebaran titik dan periode operasi pasar yang dimaksud, ia hanya memastikan operasi pasar dilakukan secara besar-besaran.

"Operasi pasar yang kami lakukan akan besar-besaran, terutama Jakarta dan kota-kota besar," jelas Amran di Istana Bogor, Rabu (18/7).


Lebih lanjut ia menuturkan, masalah harga telur ayam ini bukan terjadi di hulu. Menurutnya, melonjaknya harga telur ayam disebabkan karena rantai pasok yang belum dibenahi.
Hal ini, lanjut dia, terlihat dari disparitas harga telur dari produsen dengan penjual eceran. Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga telur ayam ras nasional mencapai Rp27.200 per kilogram (kg). Namun, di tingkat produsen, harga telur ayam hanya berada di kisaran Rp18 ribu per kg.

"Masalah rantai pasok ini bukan saja terjadi pada telur, namun bawang merah juga begitu. Di produsen bisa Rp12 ribu per kg tapi di ujung bisa mencapai Rp36 ribu per kg. Hanya karena rantai pasok ini harga bisa naik tiga kali lipat," jelas dia.

Indonesia malah mengalami surplus produksi telur, sehingga ia meyakini pangkal masalah bukan berada pada hulu produksi. Data Kementerian Pertanian mencatat, produksi telur antara Januari hingga Mei tercatat 733.421 ton, sementara kebutuhannya terbilang 722.508 ton. Artinya, ada surplus telur sekitar 10.913 ton.


"Apalagi kan Indonesia sudah bisa ekspor telur. Makanya nanti kami akan operasi pasar besok," ujarnya. (lav)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180718190100-92-315192/harga-telur-menjulang-pemerintah-lakukan-operasi-pasar-besok

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Telur Menjulang, Pemerintah Lakukan Operasi Pasar Besok"

Post a Comment

Powered by Blogger.