Search

Pemkot Cimahi Janji Rampungkan Revitalisasi Pasar Cimindi

CIMAHI, (PR).- Pemkot Cimahi menjanjikan lanjutan revitalisasi Pasar Cimindi bakal segera dikerjakan. Proses revitalisasi terlebih dahulu  dikerjakan di tempat produksi pembuatan atap kemudiam bakal dipasang sebulan kemudian.

Demikian diungkapkan Kabid. Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi Siti Rosida, saat dihubungi Selasa 10 Juli 2018.

"Tinggal memasang atap. Rencananya itu pekerjaan terbagi dua, pabrikasi dan pemasangan di lokasi pasar," ujarnya.

Revitalisasi Pasar Cimindi sudah dimulai sejak akhir 2016. Hingga Maret 2018, revitalisasi diklaim sudah mencapai 80% karena sempat terhenti akibat pemborong wanprestasi tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target dan masuk daftar blacklist.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang Pasar Cimindi dalam rangka lanjutan revitalisasi pasar tersebut. Pedagang, diakui, sudah menanti proyek tersebut dirampungkan.

Dalam sebulan ke depan, tidak akan ada pekerjaan di Pasar Cimindi. "Sebab, proses pembuatan atap akan difokuskan di tempat produk. Kami menargetkan proses pabrikasi atap tuntas dalam sebulan," ucapnya.

Untuk pembuatan dan pemasangan atap dalam proses revitalisasi pasar, pihaknya tidak memasukkan ke dalam proses lelang. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan kurang dari Rp 200 juta.

"Tidak sampai Rp 200 juta anggarannya, dengan pagu Rp 180 juta dilakukan lewat penunjukan langsung," katanya.

Pihaknya menargetkan, proses lanjutan revitalisasi berupa pemasangan atap pasar akan selesai dalam tiga bulan ke depan. "Kalau dalam pabrikasi tidak ads kendala, pekerjaan bakal cepat dan bisa segera terpasang. Sehingga pedagang bisa segers bebenah kios juga dan lebih nyaman dalam bertransaksi," ungkapnya.

Kumuh dan becek

Sebelumnya, para pegadang Pasar Cimindi sempat mengeluhkan tersendatnya revitalisasi pasar. Apalagi, cukup lama kondisi Pasar Cimindi kumuh dan becek, ditambah pekerjaan yang belum rampung membuat tidak nyaman pedagang maupun pembeli.

Ketua Forum Pedagang Pasar Cimindi (43), Mumuh meminta pihak Pemerintah Kota Cimahi segera melanjutkan dan merampungkan revitalisasi pasar tersebut.

"Bagian bawah pasar kotor. Pedagang berharap pemasangan atap ini bisa selesai secepatnya," kata Mumuh. 

Menurut dia, kondisi pasar yang kurang nyaman sangat berpengaruh terhadap menurunnya jumlah pengunjung. Hal itu mempengaruhi pendapatan.

"Mulai sepi sejak sekitar tahun 2014 – 2015 sampai sekarang 2018," ujarnya.

Selain belum rampungnya pembangunan, para pedagang pun saat ini berada dalam situasi kritis. Terlebih, hak guna bangunan di pasar tersebut akan segera habis di tahun 2019 mendatang.

Dengan begitu, kata dia, apabila bangunan pasar tidak segera dimodernisasi, pengunjung bakal lebih memilih pasar yang lebih layak ketimbang datang ke Pasar Cimindi.

"Dulu kontraknya 25 tahun sama pihak ketiga. Saya khawatir semakin ke depan semakin sepi pengunjungnya," ucapnya.***

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/07/10/pemkot-cimahi-janji-rampungkan-revitalisasi-pasar-cimindi-427171

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkot Cimahi Janji Rampungkan Revitalisasi Pasar Cimindi"

Post a Comment

Powered by Blogger.