KOMPAS.com - Menurut firma riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), perangkat berbasis iOS mencatatkan angka aktivasi sebesar 36 persen di Amerika Serikat (AS) selama kuartal II-2018.
Di periode yang sama, perangkat Android mencatatkan angka aktivasi 63 persen. Laporan CIRP menjelaskan jika pertumbuhan aktivasi iOS di produk besutan Apple meningkat secara year-on-year dan quarter-to-quarter.
"Pangsa aktivasi Apple iOS meningkat di kuartal terakhir dan pada tahun lalu," jelas Josh Lowitz, partner & co-founder CRIP.
Tren ini berbalik dari tahun lalu, ketika pangsa Apple jatuh secara relatif pada kuartal Maret 2017. Pada kuartal II ini, CIRP mendapati tingkat loyalitas pengguna iOS juga naik.
"Loyalitas konsumen mulai beranjak pada sistem operasi ini (iOS)", imbuhnya, sebagaimana KompasTekno kutip dari Apple Insider, Rabu (18/7/2018).
Baca juga: Pengguna Android Suka iPhone Murah
Musim libur Natal dan tahun baru di AS menjadi momentum pejualan iPhone X yang dirilis November 2017. Apple melaporkan hasil penjualannya meningkat pada Februari 2018, meskipun secara jumlah penjualan menurun 1,2 persen.
Peningkatan hasil penjualan Apple didorong oleh harga flagship iPhone X yang dijual seharga 999 dollar AS (sekitar Rp 14,3 juta). Menurut partner & co-founder CIRP, Mike Levin, peningkatan pangsa Apple tak lepas dari Samsung, di mana pangsa aktivasinya mengalami penurunan relatif pada kuartal terkahir, dan juga tahun lalu.
"Dalam kuartal tanpa ada peluncuran ponsel andalan, pangsa pasar Samsung sama dengan milik Apple. Setahun lalu, Samsung memiliki pangsa penjualan yang besar," imbuhnya.
Selama perode kuartal II-2018, vendor Android Samsung dan Apple sama-sama menghasilkan aktivasi sebesar 36 persen di pasar AS. Diikuti LG di posisi ketiga dan Motorola keempat.
Baca Lagi Dah https://tekno.kompas.com/read/2018/07/18/13150017/iphone-mulai-geser-android-di-pasar-as
Bagikan Berita Ini
0 Response to "iPhone Mulai Geser Android di Pasar AS"
Post a Comment