Search

Pemkab Sleman Upayakan Pembangunan Pasar Tradisional

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM – Guna meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin berbelanja di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sleman, Dinas Peindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman terus melakukan pembangunan di sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayah Sleman.

Di tahun ini, terdapat beberapa pasar yang akan dibangun, antara lain Pasar Turi, Wonosari, Gendol, Cebongan, Pasar Hewan Prambanan serta Pasar Hewan Godean.

Baca: 2 Hal Ini Sebabkan Tingginya Harga Daging dan Telur Ayam di Sleman

Haris Martapa, selaku Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Tradisional mengatakan, Disperindag Sleman berkomitmen untuk melakukan standarisasi nasional terhadap pasar-pasar tradisional di Sleman.

Pembangunan fasilitas serta perbaikan akan terus dilakukan, mengingat pasar di wilayah Sleman yang paling muda dibangun di tahub 1986.

“Kita ingin standar pasar di Sleman menjadi standar Nasional. Yang mana fasilitas memadahi, baik untuk kebutuhan keagamaan, pertemuan, ada ruang menyusui, penitipan anak, dan yang lainnya,” terangnya pada Tribunjogja.com.

Heru mengatakan, dalam setiap tahunnya Disperindag menargetkan lima pasar tradisional untuk dilakukan perbaikan.

Selain itu, penataan terhadap pedagang juga akan dilakukan.

“Untuk renovasi kita lihat kondisi pasar mana yang paling urgen untuk segera diperbaiki. Kita cari mana bangunan yang sudah tidak layak. Selain itu, kita juga sesuaikan dengan zaman sekarang. Tapi untuk bangunan yang memang heritage kita tetap pertahankan,” katanya.

Di Sleman sendiri setidaknya terdapat 41 pasar tradisional.

Oleh sebab itu, Disperindag Sleman menargetkan pembangunan pasar sampai dengan tahun 2021.

Baca: Tour De Merapi Akan Angkat Wisata dan Pasar Tradisional di Sleman

“Kita sudah buat road map sampai dengan tahun 2021. Tahun depan akan kita review lagi. Kalau untuk tipe pasar, di Sleman ada yang tipe A, B, dan C. Yang kita prioritaskan untuk dibangun tetap yang memang sudah perlu perbaikan,” terangnya.

Heru berharap, dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh Disperindag, animo masyarakat untuk berbelanja di Pasar Tradisional akan meningkat.

“Kita ingin tingkat berbelanja masyarakat ke pasar tradisional bisa meningkat. Di Sleman sudah banyak pasar tradisional yang telah direnovasi dan tidak kalah dengan pasar modern. Pasarnya sudah sangat nyaman,” ungkapnya. (*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://jogja.tribunnews.com/2018/07/19/pemkab-sleman-upayakan-pembangunan-pasar-tradisional

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkab Sleman Upayakan Pembangunan Pasar Tradisional"

Post a Comment

Powered by Blogger.