Search

Bulog Indramayu Sediakan 11 Ribu Ton untuk Operasi Pasar

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU Operasi pasar cadangan beraspemerintah (OPCBP) terus digelar Bulog Indramayu. Meski tak mampu menurunkanharga beras di pasaran, namun kegiatan itu diklaim mampu menekan lonjakan hargaagar tak terlalu tinggi.

Berdasarkan pantauan Republika, Rabu(17/1), operasi pasar dilakukan oleh Bulog Indramayu di Pasar Baru Indramayu. Dalamkegiatan itu, Bulog menjual beras medium dengan harga Rp 8.500 per kilogram.

Kepala Bulog Sub Divre Indramayu, AsepBuhori, menjelaskan, pelaksanaan operasi pasar itu dilakukan sejak 23 Desember2017. Selain di Pasar Baru Indramayu, operasi pasar juga dilakukan di PasarBangkir dan Pasar Patrol.
Selama ini kita sudah menjual7.700 ton beras dalam operasi pasar sejak 23 Desember lalu, terang Asep, saatditemui di sela operasi pasar.
Asep mengatakan, pihaknya saat inimasih memiliki stok 11 ribu ton untuk pelaksanaan operasi pasar yang akanberlangsung hingga akhir Maret 2018 mendatang. Meski kegiatan itu selama initidak mampu menurunkan harga beras di pasaran, namun bisa mencegah permainanpara spekulan beras.
(Operasi pasar tidak mampu menurunkanharga beras di pasaran) tapi paling tidak, menahan harganya tidak terlalumelonjak, tegas Asep.
Salah seorang warga Kecamatan Indramayu,Rusnadi, menyambut baik pelaksanaan operasi pasar yang digelar oleh Bulog. Pasalnya,harga beras yang dijual dalam kegiatan itu lebih murah dibandingkan hargapasaran.
Beras medium kalau belinya eceranbisa sampai Rp 12 ribu per kilogram. Di sini hanya Rp 8.500 perkilogram, terang Rusnadi, saat membeli beras dalam operasi pasar di PasarBaru.
Di pasaran, beras medium dijualdengan harga Rp 250 ribu Rp 260 ribu per karung kemasan 25 kilogram. Sedangkanberas premium, Rp 325 ribu per karung kemasan 25 kilogram.
Sementara itu, selain di KabupatenIndramayu, operasi pasar juga dilakukan oleh Satgas Pangan Kabupaten Cirebon, Rabu(17/1). Kegiatan itu dilaksanakan di Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, KabupatenCirebon.
Dalam operasi pasar tersebut, SubDivre Bulog Cirebon menyediakan beras sebanyak 2,5 ton. Beras tersebut dijualkepada masyarakat dengan harga Rp 8.600 per kilogram. Sedangkan HET-nya sebesarRp 9.350 per kilogram.
Selain operasi pasar, Satgas PanganKabupaten Cirebon juga melakukan sidak ke agen/pengecer dan sidak ke pasarmodern serta pasar tradisional.
Kegiatan itu bertujuan untukmenekan kenaikan harga beras, tandas KasatReskrim Polres Cirebon, AKP Reza Arifian.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/01/17/p2p331385-bulog-indramayu-sediakan-11-ribu-ton-untuk-operasi-pasar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bulog Indramayu Sediakan 11 Ribu Ton untuk Operasi Pasar"

Post a Comment

Powered by Blogger.