Search

Ini Penyebab Kelangkaan Beras di Pasar Menurut Pedagang

KIBLAT.NET, Jakarta- Harga beras terus meroket di pasaran. Penjual beras di Pasar Induk Beras Cipinang mengaku merasakan kelangkaan beras sejak Desember 2017.

Akibat kelangkaan beras ini, harga beras pun melonjak naik hingga 2 hingga 3,5 persen. Menurut keterangan penjual beras di salah satu toko di Pasar Induk Beras Cipinang, Alex (57), penyebab kelangkaan beras di Indonesia karena panen di daerah yang belum waktunya.

“Saya sudah puluhan tahun jualan beras, sejak zaman pak Soeharto. Dan baru ini mengalami kenaikan harga yang melonjak tinggi. Kemarin liburan tahun baru saya sempat berkunjung ke daerah Jawa Tengah dan mensurvei sawah serta petani di sana, dan nyatanya memang belum panen, sedangkan persediaan gabah dari panen sebelumnya sudah habis,” ungkap Alex saat ditemui Kiblat.net di depan toko Dewa Tunggal miliknya, Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (16/01/2018).

Gabah petani habis, ungkap Alex karena pada tahun 2017 lalu, ada gerakan satgas pangan di daerah-daerah yang memaksa para petani untuk mengeluarkan persediaan gabah dan diolah menjadi beras. Sehingga, menurutnya persediaan untuk menyongsong panen tahun ini sudah habis dahulu.

“Baru ini aja ada gerakan satgas pangan yang memaksa petani mengeluarkan persediaannya, sehingga habis sudah kita tidak punya simpanan,” ungkapnya.

Alex juga menyinggung rencana impor beras yang dilakukan pemerintah dalam waktu dekat. Menurutnya, impor beras sudah dilakukan sejak lama dan berkala. Menurut penuturannya, impor beras dari Vietnam dan Thailand dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan pangan seperti saat ini.

Alex menerangkan bahwa ada dua opsi penggunaan hasil Impor beras. Pertama, hasil impor bisa langsung dipasarkan bila memang panen raya tak kunjung tiba. Opsi kedua, bisa jadi simpanan pemerintah untuk kemudian dikeluarkan ketika terjadi kelangkaan pangan.

“Jadi Impor seharusnya tidak merugikan petani, karena ketika impor sudah tiba, sedangkan belum panen raya, maka beras impor disebar di pasar, sedangkan ketika panen raya tiba, pemerintah membeli hasil petani untuk dijadikan simpanan persediaan,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafi’i Iskandar

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.kiblat.net/2018/01/16/ini-penyebab-kelangkaan-beras-di-pasar-menurut-pedagang/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Penyebab Kelangkaan Beras di Pasar Menurut Pedagang"

Post a Comment

Powered by Blogger.