Search

Tampung Pedagang Tanah Abang di Lahan Milik Teman Wagub ...

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PD Pasar Jaya selaku pengelola Blok G Pasar Tanah Abang, sedang dalam tahap finalisasi, terkait niat menyewa lahan milik Robby Sumampow seluas 2.000 meter persegi, di sebelah Hotel Pharmin, Jalan Jatibaru Raya, Jakarta Pusat.

Lahan itu akan dibangun tempat penampungan sementara (TPS) Blok G yang menggelontorkan dana kurang lebih Rp 20 miliar.

Ketika gedung baru Blok G selesai dibangun sekitar 2-3 tahun, TPS kemudian akan dibongkar kembali.

"TPS itu sifatnya sementara yang dibangun di dekat lokasi awal pasarnya, jadi nanti kalau sudah rampung Blok G, kami bongkar lagi. Walaupun tingkat tiga seperti yang di Pasar Rumput, itu yang layak. Jadi kami tidak membangun, mentang-mentang TPS, hanya dibangun dengan ala kadarnya, tidak seperti itu," kata Asisten Humas PD Pasar Jaya Amanda Gita saat dikonfirmasi, Jumat (26/1/2018).

Baca: 50 Polwan Siap Sosialisasikan Jalur Khusus Motor di Jl Sudirman-MH Thamrin

TPS berkonsep semi-permanen itu rencananya dibangun pada Februari mendatang, menunggu kesepakatan antara PT Astana Raharja selaku pemilik lahan dan Pemprov DKI Jakarta.

"Proses pembangunan memakan waktu 3-5 bulan. Kami masih dalam proses pengkajian dan terkait biaya sewa. Ketika dapat lahan, langsung kami bangun TPS-nya, semoga Februari bisa direalisasi," ujarnya.

Setelah TPS rampung dan semua pedagang eksisting Blok G dipindahkan, pihaknya akan langsung membongkar bangunan lama Blok G. Proses pembangunan gedung baru Blok G sendiri diperkirakan memakan waktu selama 2-3 tahun.

"Pembangunan Blok G kan kurang lebih membutuhkan waktu 2-3 tahun kalau semua berjalan lancar. Jadi begitu selesai nanti pedagang di TPS kami pindahkan ke bangunan baru. Itu maksudnya usia TPS Blok G yang hanya 3 tahun," tutur Amanda.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan telah menganggarkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk membangun tempat penampungan sementara bagi pedagang Blok G Pasar Tanah Abang.

Bangunan itu rencananya memiliki tiga lantai, dan diperkirakan bisa menampung sebanyak 830 pedagang.

Perlu diketahui, si pemilik lahan, Robby Sumampow, adalah teman dekat Wagub DKI Sandiaga Uno. 

"Kami kedatangan pemilik tanah di Tanah Abang yang selama ini kami incar tanahnya untuk merelokasi pedagang Blok G. Mereka datang ke sini untuk berkoordinasi bagaimana Pemprov DKI bisa mewujudkan relokasi di tanah milik mereka untuk pedagang-pedagang agar kami bisa merevitalisasi Blok G," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

"Karena kebetulan (pemiliknya) teman saya juga, teman lama," tambah Sandi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/01/27/tampung-pedagang-tanah-abang-di-lahan-milik-teman-wagub-dki-pd-pasar-jaya-kuras-rp-20-m

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tampung Pedagang Tanah Abang di Lahan Milik Teman Wagub ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.