Search

Pemkab Banyumas Intensifkan Revitalisasi Pasar

PURWOKERTO, suaramerdeka.com- Tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terus mengintensifkan program revitalisasi pasar tradisional di wilayah setempat.

"Revitalisasi pasar terus diintensifkan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Yunianto di Purwokerto, Minggu (21/1) seperti dikutipAntara.

Menurut dia, melalui program revitalisasi, pemerintah kabupaten berharap pasar tradisional yang ada di Banyumas akan dapat bersaing dengan pasar modern.

Sementara itu, dia menjelaskan bahwa pada tahun 2017 lalu pemerintah kabupaten telah merevitalisasi sejumlah pasar, salah satunya Pasar Sumpiuh. "Pada tahun 2018 ini akan kami lanjutkan," katanya.

Dia mengatakan, bahwa Pasar Manis Purwokerto telah mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Pemerintah Pusat.

"Kami berharap Pasar Manis Purwokerto dapat menjadi pasar percontohan bagi pasar-pasar lainnya yang ada di wilayah ini," ujarnya.

Sementara itu, dia juga mengatakan pemerintah setempat terus melakukan sosialisasi kepada para pengelola pasar, pedagang, dan juga masyarakat, untuk bersama-sama menjaga dan merawat pasar tradisional.

"Mari bersama-sama merawat pasar tradisional agar selalu bersih, aman, dan nyaman," katanya.

Sebelumnya, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Kiky Srirejeki mengatakan pentingnya revitalisasi pasar bisa dilihat dari dua hal.

Pertama, kata dia, dengan revitalisasi pasar, akan ada perbaikan bangunan pasar atau perbaikan secara fisik.

"Dengan cara ini harapannya para pedagang dan pembeli menjadi lebih nyaman berbelanja di pasar tradisional, sehingga citra pasar tradisional tidak nyaman dan sebagainya bisa diperbaiki dan semakin banyak pembeli yang memilih untuk berbelanja di pasar tradisional," katanya

Kedua, bertujuan untuk perbaikan manajemen pasar.

"Mudah-mudahan tidak hanya dari segi bangunan yang diperbaiki tapi juga kualitas manajemen pasar. Dengan perbaikan manajemen pasar diharapkan hak dan kewajiban pedagang dan pembeli bisa lebih dikelola dengan baik, pelayanan pasar meningkat. Tidak ada lagi pungli bagi pedagang kecil dan lain sebagainya," katanya.

(Ant /CN39 )

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://www.suaramerdeka.com/news/detail/13509/Pemkab-Banyumas-Intensifkan-Revitalisasi-Pasar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkab Banyumas Intensifkan Revitalisasi Pasar"

Post a Comment

Powered by Blogger.