Search

Kampanye Pilkada 2018 di Ponorogo, Khofifah Nilai Pasar ...

SURYA.co.id | PONOROGO - Kemudahan akses untuk pasar tradisonal menjadi hal yang ingin diperjuangkan oleh Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal itu ia sampaikan usai berkunjung ke Pasar Legi Songgolangit, Ponorogo, Minggu (11/3/2018).

Begitu memasuki pasar, Khofifah langsung bersapa dan menyalami pasar pedagang dan juga pembeli yang ada di Pasar Legi Songgolangit tersebut.

"Pasar tradisional butuh akses yang mudah untuk barang-barang dagangan mereka. Supaya barang mereka itu kompetitif dengan barang yang ada di pasar modern," kata Khofifah.

Hal tersebut bisa diwujudkan dengan adanya penyediaan warehouse atau gudang yang disediakan oleh pemerintah sebagai sumber penyediaan barang, supaya harga bisa bersaing dengan yang ada di pasar modern.

Sebab, lanjutnya, jika ada warehouse di dalam pasar, pedagang tidak akan membutuhkan ongkos transportasi. Mereka hanya akan perlu kuli panggul dan akan membuat harga lebih murah.

"Pedagang akan untung dan pembeli juga akan mau memilih ke pasar tradisonal," sambungnya.

Akses kedua yang dibutuhkan adalah akses pemodalan. Khofifah menyebut bahwa di pasar tradisional harus ada agen perbankan yang menyalurkan kredit usaha rakyat pemerintah.

Jika permodalan itu mudah diakses, pedagang pasar tradisional tidak akan mudah untuk terjerat bank titil atau bahkan rentenir.

"Yang jadi agen bisa siapa saja. Kalau pasar selesai pukul dua belas, maka mereka bisa menyosialiasikan ke pedagang tentang KUR bahwa bunganya hanya tujuh persen per tahun," paparnya.

Akses terakhir adalah infrastruktur, sebab Khofifah menilai kondisi pasar tradisonal di Jatim saat ini banyak yang tidak nyaman.

Saat hujan kondisinya becek dan juga mengeluarkan bau yang menyengat. Hal tersebut membuat penghalang masyarakat mau ke pasar tradisional.

"Masyarakat menengah ke atas akan semakin yakin untuk tidak belanja di pasar tradisional tapi ke pasar moderen yang menurut mereka lebih nyaman dan harganya juga bersaing," ucapnya.

Selama berkeliling pasar Legi Songgolangit Ponorogo, Khofifah juga didampingi Musisi Jalanan yang memhuat suasana semakin ramai. Serta dari partai pengusung yaitu Partai Golkar.

Tampak juga dalam rombongan tersebut Atika Banowati selaku anggota fraksi DPRD Provisinsi Jatim dapil tujuh. dan selaku Sekretaris Kesatuan Perempuan Partai Golkar.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/11/kampanye-pilkada-2018-di-ponorogo-khofifah-nilai-pasar-tradisional-butuh-kemudahan-akses

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kampanye Pilkada 2018 di Ponorogo, Khofifah Nilai Pasar ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.