Search

Suku Bunga Acuan Bakal Naik, Pengusaha Andalkan Pasar Modal

Jawapos.com - Pengusaha memprediksi suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7-Daya Reverse Repo Rate tak bisa menghindari peningkatan, sebagai respons naiknya suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat. Untuk itu, pihaknya tak mau mengandalkan perbankan dalam mencari sumber pendanaan investasi.

"Saya yakin BI akan merespon dengan kenaikan (suku bunga The Fed). Sekarang 4,75 persen nanti naik jadi 5 persen. Nanti juga naik lagi sampai 5,25 persen," tutur Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani di kediamannya, Jakarta, Sabtu (16/6).

Dia menuturkan The Fed diprediksi akan menaikkan suku bunga hingga tiga kali sampai tahun depan. Dalam hal ini pihaknya telah mengantisipasi ke dalam rencana bisnis.

IDX
Ilustrasi: pasar modal menjadi sumber pendanaan selain kredit perbankan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

"Ini akan lebih dari 5 persen kami tahu," terangnya.

Adapun, mengantisipasi hal ini Rosan mengaku dunia usaha tak mau mengandalkan perbankan sebagai sumber pendanaan. menurutnya, para pengusaha akan mengandalkan pasar modal sebagai sumber pendanaan lainnya.

"Kalau hanya bergantung pada perbankan, kami tahu kalau cost of fund akan naik dan yield serta suku bunga akan naik," kata dia.

Sebelumnya, The Fed kembali menaikkan suku bunga pada Rabu. Kenaikan suku bunga ini sudah diperkirakan oleh analis dan ekonom. 

Dalam kenaikan suku bunga pada Juni ini, the Fed mematok di kisaran 1,75 persen hingga 2 persen. Bank Sentral AS sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan terus menahan suku bunga di kisaran rendah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

(uji/JPC)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.jawapos.com/ekonomi/17/06/2018/suku-bunga-acuan-bakal-naik-pengusaha-andalkan-pasar-modal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suku Bunga Acuan Bakal Naik, Pengusaha Andalkan Pasar Modal"

Post a Comment

Powered by Blogger.