Search

Sejumlah Pedagang di Pasar Tradisional Riau Tak Mau Nyoblos

Pekanbaru, Gatra.com - Sejumlah pedagang di beberapa pasar tradisional di Kota Pekanbaru, Riau, mengaku enggan melakukan pencoblosan pada Pilkada Riau 2018, Rabu (27/6).

Berdasarkan pantauan Antara di Pasar Kodim, Pekanbaru, para pedagang mengaku tidak mengenal para pasangan calon sehingga bingung untuk memilih. "Memang tidak tahu mau milih siapa," ucap pedagang bernama Jon, warga Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

Jon menuturkan, bahwa memang menerima undangan untuk memilih di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dekat rumahnya. Namun, ia tidak menggunakan hak suaranya lantaran tidak mengenal kandidat yang ikut bertarung dalam Pilkada Riau.

Saat ditayakan soal salah seorang petahana yang juga ikut dalam Pilkada tersebut, Jon menilai bahwa sosok tersebut dikatakan sebaiknya mengurus jabatan yang baru diemban untuk periode kedua.

Jon menyampaikan keterangan tersebut dengan sedikit bertanya soal keikutsertaan petahana yang disebutkan tadi. "Kan baru terpilih kemarin kalau tidak salah. Sekarang ikut lagi untuk jadi Gubernur?" imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Syahrul, pedagang sayur di Pasar Kodim Pekanbaru. Ia mengaku bahwa pada Pilkada kali ini dirinya dan beberapa anggota keluarganya yang lain kompak untuk tidak menggunakan hak suara lantaran tidak mengenal para kandidat tersebut. Menurutnya, siapapun yang terpilih nantinya pasti memiliki misi tersendiri, apakah itu untuk pribadi maupun kelompok.

Dalam penuturannya, Syahrul mengaku bahwa para kandidat tersebut memang cukup terkenal lantaran terdapat para petahana dalam pencalonan. Namun untuk beberapa alasan, para kandidat tersebut dinilainya kurang bersosialisasi kepada para pedagang.

Setidaknya, untuk masa kampanye Syahrul dan para pedagang lainnya merasa kurang dirangkul oleh para calon. Selain itu, dari para petahana yang kembali bertarung dinilai belum berhasil dalam memperjuangkan rakyat kecil, salah satunya ialah para pedagang tersebut. Hal ini lantaran kondisi pasar yang notabene menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat masih jauh dari kata layak.

"Sekarang begini. Kan ada beberapa nama yang jadi pemimpin kita sebelumnya. Nah, apakah kondisi pasar kita sudah berubah? sudah bertahun-tahun saya berjualan, kondisi pasar saja masih begini," ungkapnya.

Dari pantauan Antara, banyak di antara para pedagang tersebut yang mengaku sengaja tidak menggunakan hak suara. Selain alasan tidak mengenal para kandidat, kekecewaan terhadap pemerintahan setempat juga menjadi penyebabnya.


Editor: Iwan Sutiawan

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.gatra.com/rubrik/nasional/pilkada-pilpres/328935-Sejumlah-Pedagang-di-Pasar-Tradisional-Riau-Tak-Mau-Nyoblos

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejumlah Pedagang di Pasar Tradisional Riau Tak Mau Nyoblos"

Post a Comment

Powered by Blogger.