Search

Kementerian PUPR Mulai Bangun Pasar Atas Bukittinggi pada ...

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan perhatian pada fungsi pasar sebagai roda penggerak ekonomi kerakyatan. Salah satunya dengan menggelontorkan dana untuk renovasi pasar tradisional sehingga menambah kenyamanan aktifitas jual beli yang pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi rakyat.

Kali ini, Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merenovasi sebuah pasar di Kota Bukitingggi, Sumatera Barat yang bernama Pasar Atas.

BERITA TERKAIT  +

Baca Juga: Tinggalkan Kerja yang Muter-Muter hingga Komoditas Termahal di Dunia

Bukan sembarang pasar, Pasar Atas adalah pasar modern yang sudah berdiri sejak pertengahan abad ke-19. Pasar Atas menjadi saksi roda perekonomian di Sumatera Barat.

Sayangnya, Pasar Atas habis dilahap api pada kebakaran akhir Oktober 2017.

Mantan Wali Kota Solo itu, menuliskan rencananya untuk renovasi Pasar Atas dalam laman akun Facebook pribadinya.

Kenakan Batik Coklat, Presiden Jokowi Buka Musrenbangnas RKP 2019

"Pasar ini tak boleh dibiarkan terbengkalai. Meskipun kewenangan Pemerintah Daerah, semua pihak tetap harus turun tangan. Karena itulah, saya memerintahkan Kementerian PUPR untuk membangun Pasar Atas tahun ini juga," tulis Jokowi dikutip Minggu (6/5/2018).

Tidak tanggung-tanggung, Presiden menyiapkan dana sebesar Rp354 miliar APBN tahun 2018. Pembangunannya sendiri diperkirakan akan memakan waktu 17 bulan, dari bulan Juli 2018 sampai tahun 2019.

Berikut adalah tulisan lengkap Presiden Jokowi dalam akun Facebook pribadinya:

Pernah ke Bukittinggi? Kota sejuk berpagar Gunung Singgalang dan Gunung Marapi ini pernah menjadi ibu kota negara pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Presiden Jokowi Resmikan Ekspor Perdana Mitsubishi Xpander

 

Bukittinggi juga salah satu pusat perekonomian yang begitu hidup di Sumatera Barat. Sejak pertengahan abad ke-19, di kota ini sudah berdiri pasar modern, Pasar Atas yang lokasinya tepat di pelataran Jam Gadang, ikon kota Bukittinggi.

 

Sayangnya, Pasar Atas terbakar pada akhir Oktober tahun lalu. Tak kurang dari 1.000 kios di pasar ini ludes dilalap api.

 

Pasar ini tak boleh dibiarkan terbengkalai. Meskipun kewenangan Pemerintah Daerah, semua pihak tetap harus turun tangan. Karena itulah, saya memerintahkan Kementerian PUPR untuk membangun Pasar Atas tahun ini juga. Dihitung-hitung, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp354 miliar melalui APBN tahun 2018. Pembangunannya akan memakan waktu 17 bulan, dari bulan Juli 2018 sampai tahun 2019.

Baca Juga: Satu Tahun Lagi, Ini Fokus Presiden Jokowi

Desain pasar hemat energi dan dibuat menarik sehingga menambah daya tarik wisata Bukittinggi. Luas pasar akan dikembangkan dari satu menjadi 1,4 hektare dan dilengkapi ruang parkir basement. Pembangunan pasar akan melibatkan pemerintah daerah sejak tahap perencanaan hingga konstruksinya.

 

(ulf)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://economy.okezone.com/read/2018/05/06/320/1895064/kementerian-pupr-mulai-bangun-pasar-atas-bukittinggi-pada-semester-ii

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kementerian PUPR Mulai Bangun Pasar Atas Bukittinggi pada ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.