Search

Perusahaan Bir Bintang Ekspansi Pasar Hingga ke Inggris

TEMPO.CO, Jakarta -Perusahaan bir PT Multi Bintang Indonesia Tbk. berencana menyasar negara-negara baru sebagai pasar ekspor. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan minuman beralkohol.

Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia Michael Chin mengungkapkan, pada 2017, perseroan telah memulai ekspor bir Bintang ke Inggris. Sebelumnya Multi Bintang telah melakukan ekspor ke Australia, Jepang dan Belanda.

"Kami akan mengkaji untuk penjualan pasar ekspor dan mencari pasar-pasar baru," ungkapnya usai rapat umum pemegang saham, Selasa, 17 April 2018.

Adapun nilai penjualan ekspor pada 2017 mencapai Rp 36,17 miliar, terdiri dari penjualan bersih ke pihak ketiga ekspor senilai Rp 14,76 miliar dan penjualan ekspor ke pihak berelasi Rp 21,41 miliar. Penjualan ekspor MLBI mencatatkan penurunan dari posisi Rp 98,26 miliar pada 2016. Penurunan pendapatan MLBI terkena dampak yang parah akibat kerugian volume ekspor ke Timor-Leste.

Baca: Anggota DPRD Ini Ragu Anies Baswedan Lepas Saham DKI di Perusahaan Bir 

Hal itu ditengarai karena pemegang saham mayoritas yakni Heineken N.V., membuka sebuah greenfield brewery dan mulai memproduksi Bintang untuk keperluan konsumsi domestik. Kendati begitu, MLBI telah merintis pasar ekspor baru untuk Bintang di Inggris, sebagai tambahan dari pasar perusahaan bir Bintang telah ada di Australia, Jepang dan Belanda. Adapun nilai ekspor perseroan mencapai 1,1 persen dari total pendapatan 2017.

Di sisi lain, pintu gerbang kunjungan wisatawan mancanegara seperti di Bali menguasai sebanyak 50 persen turis asing pada 2017. MLBI juga memprediksi tumbuhnya penjualan minuman beralkohol termasuk bir Bintang di beberapa destinasi daerah berkembang seperti Manado, Labuan Bajo dan Danau Toba.

BISNIS

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://bisnis.tempo.co/read/1080424/perusahaan-bir-bintang-ekspansi-pasar-hingga-ke-inggris

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perusahaan Bir Bintang Ekspansi Pasar Hingga ke Inggris"

Post a Comment

Powered by Blogger.