Search

Telur asal Purwakarta Berhasil Tembus Pasar ASEAN

PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat,  memiliki berbagai produk unggulan ekspor yang bisa masuk pasar ASEAN bahkan Asia. Untuk produk pertanian ekspor yang berhasil tembus adalah produk buah manggis. Sedangkan, untuk produk peternakan yang sedang menjadi unggulan yakni, telur tetas berkualitas bagus yang bisa tembus pasar ASEAN.

Bupati Purwakarta M Taufiq Budi Santoso mengaku, pihaknya sangat terkesan ternyata sumber daya domestik yang mampu berbicara banyak. Bahkan, produk pertanian di wilayah ini bisa turut bersaing dalam industri global.

BERITA TERKAIT +

"Biasanya kan jenis usaha seperti ini, lebih dikuasai pemodal asing. Tapi, Purwakarta ini sangat bagus dan hasilnya juga sangat memuaskan. Apalagi, sampai bisa diekspor ke negara-negara ASEAN. Ini kontribusi besar dari Purwakarta untuk Indonesia," ujar Taufiq, Selasa (24/4/2018).

Ekspor Salak Indonesia Alami Peningkatan

(Selain Telur, Indonesia juga ekspor Salak)

Buah manggis kebanyakan berada di wilayah selatan Kabupaten Purwakarta, semisal, Kecamatan Kiarapedes.  Tidak hanya ratu buah tropis itu, di kecamatan tersebut juga ada produk perternakan yang juga tembus pasar ekspor ke negara ASEAN, yakni telur tetas hasil produksi masyarakat sekitar.

Baca Juga : Permen Jahe ke Amerika, Kerjasama dengan Industri Berorientasi Ekspor

Mungkin tak banyak yang tahu, jika di wilayah ini banyak produk pertanian dan perkebunan yang memiliki daya saing secara global. Adapun untuk produksi telur tetas khas Purwakarta sendiri, lokasinya berada di Kampung Ciseupan, Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes.

Taufiq  melanjutkan, pihaknya berkesempatan mengunjungi central produksi telur tetas ini. Produksi telur tetas ini, dikelola oleh PT Unggas Lestari Unggul. Perusahaan milik warga lokal ini, sengaja memilih daerah operasional di perkampungan tersebut demi ketersediaan bahan baku.

Menurut dia, iklim daerah tersebut yang sejuk sangat cocok untuk pengembangan unggas. Sehingga, telur dari unggas tersebut memiliki kualitas baik berdaya saing ekspor.

Pemerintah Terus Genjot Peningkatan Ekspor Teh Nasional

(Pemerintah Terus Meningkatkan Eskpor Teh Indonesia)

"Menurut kami, perusahaan ini bisa menjadi salah satu contoh bagi pemilik badan usaha dalam negeri yang lain," jelas dia.

Baca Juga : Mendag Justru Melihat Perang Dagang AS-China Malah Untungkan Indonesia

Taufik menegaskan, pemerintah Kabupaten Purwakarta siap berada di garda terdepan untuk mendorong perusahaan sejenis. Dirinya siap merapatkan barisan bersama leading sector terkait untuk mencapai orientasi tersebut.

"Kita siapkan infrastruktur penunjang yang baik. Kami juga siap memfasilitasi untuk pelatihan SDM," pungkasnya.

(feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://economy.okezone.com/read/2018/04/24/320/1890901/telur-asal-purwakarta-berhasil-tembus-pasar-asean

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Telur asal Purwakarta Berhasil Tembus Pasar ASEAN"

Post a Comment

Powered by Blogger.