Search

Uang Berputar Capai Rp35 Triliun/Hari, BI Nilai Pasar Keuangan ...

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatatkan perputaran uang selama Maret 2018 berkisar Rp30 triliun sampai Rp35 triliun per hari. Angka ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp24 triliun sampai Rp25 triliun per hari.

"Bahkan saat ini mencapai Rp33 triliun sampai Rp 35 triliun per hari. Jadi ada peningkatan volume transaksi di pasar uang," ujar Kepala Departemen Pendalaman Pasar Keuangan Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah di Gedung BI, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

BERITA TERKAIT +

Dia menyatakan, peningkatan volume transaksi di pasar uang ini menunjukkan kegiatan ekonomi yang meningkat.

"Itu mencerminkan ada perputaran uang di money market (pasar keuangan) yang sebetulnya menghubungkan sektor keuangan dan sektor riil sebetulnya," jelas dia.

Sementara itu, perputaran uang ini juga berimplikasi pada volume pasar valuta asing (valas) yang meningkat. Saat ini perputaran valas antara Rp5,5 miliar sampai Rp6 miliar per hari. "Bahkan di dua pekan lalu sempat di Rp6,9 miliar," imbuhnya.

Dengan peningkatan ini, kondisi pasar keuangan Indonesia menurutnya telah membaik, setelah sebelumnya mengalami capital outflow atau aliran dana asing yang keluar.

"Jadi sekarang (capital) inflow (aliran dana asing masuk), sekarang kembali masuk ke SBN setelah di bulan Februari ada beberapa yang keluar. Dan ini cukup baik sekarang kondisinya, kita kembali ke kondisi yang stabil pasar keuangannya," ujarnya.

(rzy)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://economy.okezone.com/read/2018/04/13/20/1886326/uang-berputar-capai-rp35-triliun-hari-bi-nilai-pasar-keuangan-membaik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Uang Berputar Capai Rp35 Triliun/Hari, BI Nilai Pasar Keuangan ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.