Search

Pangsa Pasar Mobil Turun, Ini Kata Astra International

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Internasional, Tbk ( ASII) pada periode 2016 hingga 2017 lalu mengalami penurunan pangsa pasar pada penjualan produk otomotif dari 55 persen menjadi 54 persen.

Head of Investor Relations Astra International Tbk. Tira Ardianti mengatakan, menurunnya pangsa pasar disebabkan karena semakin tingginya kompetisi di sektor kendaraan penumpang (passanger vehicle) .

"Banyak model baru yang diperkenalkan oleh kompetitor di pasar passanger vehicle tahun lalu, mulai didistribusikan tahun ini. Sehingga supply kompetitior naik di kuartal pertama 2018," ujar Tira selepas acara Workhop Pasar Modal Rabu (18/4/2018).

Di tahun 2018 ini, ASII menargetkan untuk mempertahankan pangsa pasar otomotif di kisaran 50 persen.  "Kami tidak muluk-muluk harus 55 persen karena kami menyadari kompetisi makin ketat," sebut dia.

Baca juga: Pangsa Pasar ASII Digoyang Pemain Baru, Ini Rekomendasi Bahana

Untuk itu lanjut dia, pihaknya akan meluncurkan beberapa produk baru dan meningkatkan kualitas produk yang sudah ada.

"Di samping yang menunjang penjualan, after sell service (pelayanan setelah transaksi) juga terus ditingkatkan," tambah Tira.

Di sisi lain, ASII juga mencoba untuk menawarkan paket-paket yang dianggap menarik oleh konsumen serta mencoba menawarkan produk yang dari sisi harga, desain, dan fungsi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sementara untuk sektor lain, seperti penjualan produk motor dan alat berat pun pangsa pasar ASII tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pada produk motor, pangsa pasar meningkat dari 74 persen menjadi 75 persen. Sementara untuk produk alat berat, meningkat dari 32 persen menjadi 35 persen.


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/18/211200726/pangsa-pasar-mobil-turun-ini-kata-astra-international

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pangsa Pasar Mobil Turun, Ini Kata Astra International"

Post a Comment

Powered by Blogger.