Search

Beras Hasil Operasi Pasar Bulog Diimpor dari Empat Negara

Jakarta, CNN Indonesia -- Beras yang digunakan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk melakukan Operasi Pasar di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) merupakan impor dari empat negara yaitu Vietnam, Thailand, India, dan Pakistan.

Selain memanfaatkan beras impor, Perum Bulog juga memasok beras domestik untuk menstabilkan harga di pasar induk. Komposisi antara beras impor dan beras lokal sama banyak.

"Ada yang dalam negeri dan impor. Komposisinya 50:50," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh di PIBC, Kamis (22/11).


Hingga saat ini, Tri Wahyudi mengatakan sebanyak 1,8 juta ton beras impor sudah masuk ke Indonesia, dari total izin impor beras yang dikeluarkan pemerintah sebanyak 2 juta ton. Ketersediaan beras medium di gudang Bulog saat ini tercatat 2,4 juta ton. Dengan jumlah tersebut, Tri memastikan Bulog mampu mencukupi kebutuhan beras medium untuk operasi pasar.

"Kami keluarkan sesuai kebutuhan pasar dan didamping Satgas Pangan," imbuhnya.

Sementara itu, sebagai permulaan Operasi Pasar hari ini, Bulog menyuplai 100 ton beras medium ke pasar induk. Ke depan, Tri Wahyudi menyebut siap mengguyur pasar induk dengan beras medium sebanyak 2.000 ton setiap hari.


Dengan tambahan Operasi Pasar ke PIBC, Bulog memprediksi beras medium yang disalurkan lewat Operasi Pasar mencapai 5.000 hingga 6.000 ton per hari secara nasional.

Tri Wahyudi bilang jika angka itu terealisasi, maka akan menjadi titik penyaluran beras medium tertinggi setelah Januari 2018. Untuk saat ini penyaluran beras medium melalui Operasi Pasar mencapai 3.000 ton per hari.

"Kalau ditambah OP (Operasi Pasar) beras medium di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) sebanyak 2.000 ton per hari, jadi sepekan ke depan akan terjadi rata-rata bisa 5.000 ton sampai 6.000 ton per hari," ujarnya.


Cadangan Beras Pemerintah (CBP) akan didistribusikan ke daerah-daerah yang jauh daari sentra produksi beras, seperti Bogor, Bandung, dan Riau. Dengan demikian, pasokan beras tercukupi sehingga stabilitas harga beras jelang akhir tahun terjaga. (ulf/lav)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181122160319-92-348448/beras-hasil-operasi-pasar-bulog-diimpor-dari-empat-negara

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beras Hasil Operasi Pasar Bulog Diimpor dari Empat Negara"

Post a Comment

Powered by Blogger.