TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kendala utama usaha mikro kecil dan menengah biasanya berkutat dengan pemasaran.
Hal tersebut menjadi permasalahan klasik yang harus dihadapi.
Baca: Bantu UKM Jangkau Pasar Lebih Luas, Facebook Gelar Laju Digital di Yogyakarta
Selain itu perkembangan dunia digital yang begitu masif dan cepat nampaknya benar-benar harus disadari oleh pelaku usaha.
Tak boleh hanya berpuas diri hanya dengan cara penjualan yang konvensional.
Yoyok Rubiantono, Owner sekaligus Founder Zetira.id, sebuah platform e-commerce lokal yang menjual produk ke luar negeri mengaku menggunakan facebook untuk memasarkan produknya.
Bahkan produk kerajinan yang ia pasarkan bisa tembus mencapai pasar eropa hanya berbekal Facebook.
"Produk saya hanya memanfaatkan produk lokal, ada sekira 20 pengrajin lokal yang membuat kerajinan tas wanita, tas kulit dan sebagainya, kita kemas yang baik dan kita tawarkan keluar negeri," katanya dalam sesi jumpa media usai acara Laju Digital Facebook di Alana Hotel Yogyakarta, Rabu (24/10/2018).
Ia menganggap saat ini pasar UMKM untuk menembus pasar global sangat terbuka lebar.
Platform digital menurutnya memang menjadi sebuah langkah pemasaran yang wajib digunakan.
"Selain itu, pendekatan yang humanis kepada customer, kualitas barang, menciptakan produk yang unik dan spesial dan tidak mudah dicopy oleh orang lain menjadi hal yang penting untuk bertahan dan mengembangkan bisnis," katanya.
Baca Lagi Dah http://jogja.tribunnews.com/2018/10/24/mau-naik-kelas-umkm-harus-jeli-manfaatkan-dunia-digital-untuk-jangkau-pasar-lebih-luasBagikan Berita Ini
0 Response to "Mau Naik Kelas, UMKM Harus Jeli Manfaatkan Dunia Digital untuk ..."
Post a Comment