Search

Distanbun Jadikan Pasar Tani Agenda Bulanan

BANDA ACEH - Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh mulai tahun ini akan menjadikan ‘Pasar Tani’ sebagai program rutin bulanan. Program tersebut rencananya akan dimulai pada 10 Oktober 2018 nanti bertempat di Kompleks Distanbun Aceh, Jalan T Panglima Nyak Makan, Lampineung, Banda Aceh.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Hortikultura, Yuni Saputri STP mengatakan, dalam melaksanakan program pasar tani itu pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Usaha Pertanian, UMKM, KWT (Kelompok Tani Wanita), dan binaan penyuluh pertanian lainnya.

“Kehadiran ‘Pasar Tani’ ini selain menjadi pasar alternatif masyarakat untuk berbelanja, juga menjadi sarana pemasaran bagi petani maupun produsen olahan,” katanya dalam pernyataan tertulis kepada Serambi, Kamis (4/10).

Kepala Bidang Hortikultura, Ir Cut Rita Meutia menyebutkan, program ‘Pasar Tani’ itu akan dilaksanakan rutin setiap hari Rabu pada setiap bulannya. Komoditas yang dipasarkan juga berasal dari hasil panen petani sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar. “Selain banyak pilihan hasil panen petani, baik sayuran maupun rempah-rempah, masyarakat juga bisa mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau,” ujar Cut Rita.

Sementara Kepala Dishutbun Aceh, A Hanan SP MP mengharapkan, program ini bisa memotivasi para pelaku usaha pertanian, produsen olahan, UMKM, KWT maupun petani itu sendiri untuk terus meningkatkan produktivitas hasil tani. “Semakin ramai pembeli dan pengunjung, maka akan semakin memotivasi petani untuk bisa membawa hasil panennya ke ‘Pasar Tani’. Ya, kami memfasilitasi ‘Pasar Tani’ ini untuk kemandirian dan kesejahteraan petani,” demikian Hanan.(yos)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://aceh.tribunnews.com/2018/10/06/distanbun-jadikan-pasar-tani-agenda-bulanan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Distanbun Jadikan Pasar Tani Agenda Bulanan"

Post a Comment

Powered by Blogger.