Search

Nora Nilai Pembangunan Pasar Bentuk Dari Realisasi Misi Pemda Kubu Raya - Tribun Pontianak

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, Nora Sari Arani mengatakan pebangunan pasar sejati di Parit Baru ini merupkan realisasi dari misi ketiga Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, yakni menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

Dimana. Menurutnya keberadaan pasar rakyat masih sangat dibutuhkan masyarakat kendati pasar modern mulai menjamur.

"Meski keberadaan pasar modern semakin marak, konsumen pasar rakyat tidak akan pernah hilang. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pada tahun ini telah membangun empat unit pasar. Pasar Sejati Parit Baru ini adalah pasar yang dibangun pada tahun 2018 dan diresmikan di tahun yang sama pula," ujarnya, Kamis (27/12).

Baca: Bupati Rusman Ali Resmikan Pasar Sejati Parit Baru

Baca: Update Stok Darah Dari Berbagai Golongan di Markas PMI Sanggau

Nora mengungkapkan Pasar Sejati Parit Baru memiliki 70 lapak dan 24 kios diantaranya 14 kios berada di dalam dan 10 kios berada di halaman.

Adapun halaman pasar, menurutnya, kelak akan difokuskan untuk menampung pedagang kaki lima khususnya usaha mikro kecil menengah untuk pusat jajanan serba ada atau pujasera.

"Untuk pujasera, hingga kini telah terdaftar sebanyak 25 pedagang nanti akan kita siapkan 24 stan. Sementara untuk kios dua diantaranya akan digunakan untuk pengawasan dan UPT," ungkapnya.

Sementara untuk operasional pasar diakuinya akan dimulai pada pukul 05.00-14.00, dan pukul 16.00-22.00 dikhususkan untuk pujasera di mana Kabupaten Kubu Raya memang belum memiliki lahan untuk pusat jajanan rakyat.

"Nanti ini akan dijadikan sebagai wisata kuliner yang menyediakan makanan dan minuman khas Kubu Raya dan Kalbar pada umumnya," lanjutnya.

Nora menuturkan Pasar Sejati Parit Baru dilengkapi dengan sejumlah sarana seperti tempat pembuangan sementara, penampungan air hujan, layar monitor harga, dan petugas pasar yang bertugas setiap hari.

Baca: Proses Pemulangan Jenazah Nurmala ke Singkawang Berjalan Lancar

"Tahun 2019, pemerintah daerah telah menganggarkan pengadaan prasarana dan sarana lanjutan seperti instalasi pembuangan air limbah, perbaikan drainase, pengadaan gerobak pujasera bagi pedagang, dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang bekerja sama dengan perbankan. Sesuai arahan bupati, setiap pasar nanti akan dikelola oleh UPT Pasar. Dan tahun ini peraturan bupati tentang pembentukan UPT tersebut akan diselesaikan," tuturnya.

Mengenai upaya penataan pasar tradisional, Nora berharap DPRD Kabupaten Kubu Raya dapat memprioritaskan pembahasan peraturan daerah terkait hal itu pada tahun 2019 mendatang.

"Untuk saat ini, Pasar Sejati Parit Baru telah dicanangkan sebagai pasar tertib ukur, pasar bebas bahan berbahaya, dan pasar bersih di mana setiap Jumat para pedagang melakukan gerakan Jumat bersih pedagang," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://pontianak.tribunnews.com/2018/12/27/nora-nilai-pembangunan-pasar-bentuk-dari-realisasi-misi-pemda-kubu-raya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nora Nilai Pembangunan Pasar Bentuk Dari Realisasi Misi Pemda Kubu Raya - Tribun Pontianak"

Post a Comment

Powered by Blogger.