Search

Top! Jumlah Investor Pasar Modal Tahun ini Pecahkan Rekor - CNBC Indonesia

Tahun 2018 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Terkait hal itu, CNBC Indonesia merangkum sederet peristiwa penting sepanjang tahun anjing tanah ini. Peristiwa itu terbagi ke dalam dua kategori, yaitu good news from 2018 dan bad news from 2018. Selamat membaca!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertumbuhan penambahan jumlah investor di pasar modal Indonesia selama bertahun-tahun masih terkendala dengan luasnya demografi Indonesia.

Kondisi itu menyebabkan sulitnya distribusi informasi yang membuat jumlah investor di pasar modal, khususnya pasar saham masih terpusat di Pulau Jawa, terutama di DKI Jakarta.


Meski demikian tahun ini bisa dibilang tahun yang menggembirkan bagi pasar modal Indonesia. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pertumbuhan jumlah investor saham sepanjang tahun ini memecahkan rekor pertumbuhan di tahun-tahun sebelumnya.


Jika pada tahun-tahun yang lalu penambahan jumlah single investor identification (SID) hanya tumbuh dikisaran 100 ribuan investor per tahun, maka tahun ini angka tersebut telah dipecahkan.

BEI mencatat hingga pertengahan November lalu, jumlah investor saham sepanjang 2018 tercatat bertambah 200.935 SID. Pertumbuhan ini didorong dengan penambahan sebanyak 1.500 investor baru setiap harinya.

Ditambah lagi, selama beberapa bulan terakhir jumlah investor ini meningkat lebih cepat. Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan pertumbuhan selama tiga sampai empat bulan terakhir pertumbuhan investor ini lebih cepat mencapai 10 ribu per bulannya.

Top! Jumlah Investor Pasar Modal Tahun ini Pecahkan RekorFoto: Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Dari pertumbuhan tersebut, ditemukan bahwa pertumbuhan investor milenial dan karyawan/pegawai yang mengalami pertumbuhan signifikan.

"Penambahan jumlah investor baru saham di BEI ini merupakan yang tertinggi sejak 38 tahun diresmikannya kembali Pasar Modal Indonesia," kata Direktur Utama BEI Inarno Djajadi.

Pertumbuhan jumlah investor ini selama beberapa tahun terakhir didorong oleh program kampanye 'Yuk Nabung Saham' diluncurkan BEI pada 12 November 2015 silam.

Selama tiga tahun terakhir tercatat ada penambahan 395.319 SID baru, atau hampir 2 kali lipat dari jumlah investor saham BEI dari sebelum kampanye Yuk Nabung Saham diluncurkan yakni 434.107 SID.

Pantang surut, jelang penutupan akhir tahun ini bursa bahkan mematok pertumbuhan jumlah investornya bisa ditutup di angka 250 ribu.

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://www.cnbcindonesia.com/market/20181224094044-17-47744/top-jumlah-investor-pasar-modal-tahun-ini-pecahkan-rekor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Top! Jumlah Investor Pasar Modal Tahun ini Pecahkan Rekor - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.