Search

Bupati Jeje Ingin Minta Ridwan Kamil Desain Gedung Pasar Pangandaran - Pikiran Rakyat

PARIGI, (PR).- Pasar Pangandaran berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dan berdekatan dengan kawasan obyek wisata pantai Pangandaran yang kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hanya saja pasar tradisional tersebut hingga saat ini kondisinya masih sembrawut apalagi sedang musim penghujan, jalan yang ada di pasar terlihat kotor dan kumuh. 

Maka untuk menunjang pariwisata di Kab Pangandaran, Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan merevitalisasi pasar Pangandaran dan akan meminta bantuan kepada seorang ahli arsitektur yang juga menjabat Gubernur di Jawa Barat, yakni Ridwan Kamil untuk mendesain bangunan pasar tersebut.

"Kita akan minta bantu ke pak Gubernur untuk mendesain pasar Pangandaran," ujar Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat dijumpai, Rabu, 5 Desember 2018.

Rencananya, kata Jeje, pembangunan pasar Pangandaran berlantai dua tersebut akan menghabiskan dana sebesar 60 miliar dan akan dibangun pada anggaran tahun 2020.

"Kita sedang buat Detail Engineering Design (DED) nya terlebih dahulu," ujarnya. 

Menurut Jeje, pasar tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan warga juga untuk memenuhi kebutuhan di hotel-hotel dan restoran yang ada di obyek wisata untuk melayani pengunjung.

Ingin seperti pasar modern di BSD

Sebelumnya, dari hasil kunjungan kerja Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari pada 24 November kemarin ke pasar modern Bumi Serpong Damai yang berada di Tanggerang Selatan untuk dijadikan bahan perbandingan dengan rencana pembangunan Pasar Pangandaran.

Menurut Adang, bangunan pasar yang ada di Tangerang Selatan dibangun menyerupai gedung atau hangar tanpa batas penyekat dan tempat jualannya seperti pedagang lapak dengan ukuran 2 x 3 meter.

“Setelah saya komunikasikan dengan Pak Bupati, beliau menyarankan agar pembangunan pasar dibuat seperti pasar modern," ucapnya.

Hanya saja kata Adang, pasar modern di Tanggerang Selatan dikelola oleh swasta melalui koirdinasi dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait.

“Pedagang yang ada di sana memang tidak sebanyak yang ada di pasar Pangandaran. Di sana bersih, rapih dan penyajiannya pun bagus. Pedagangnya sangat disiplin, seperti tidak boleh merokok di tempat jualan apalagi membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Walau pun menurut informasi dari Dinas Perdagangan di sana, kata Adang, harga jual barang relatif lebih mahal, tapi pembeli yang datang dibuat nyaman dengan penataan pasarnya dengan lantai yang bersih, tidak berbau dan becek.*

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2018/12/05/bupati-jeje-ingin-minta-ridwan-kamil-desain-gedung-pasar-pangandaran-434063

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bupati Jeje Ingin Minta Ridwan Kamil Desain Gedung Pasar Pangandaran - Pikiran Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.