Search

Pasar Digital Tjengkir Gading Hanya Menjual Kuliner Tradisional dan Suvenir Khas Cirebon - Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pasar Digital Tjengkir Gading di Jalan Nyi Ageng Serang, Kelurahan Kenanga, Kabupaten Cirebon, merupakan pasar digital pertama di Kabupaten Cirebon.

Pasar tersebut merupakan gagasan dari Komunitas Genpi Cirebon untuk mengenalkan sesuatu hal yang tadisional kepada kaum milenial di Cirebon.

Koordinator Genpi Cirebon, Agus Saefudin, mengatakan, pasar digital tersebut hanya menjual berbagai kuliner tradisional, suvenir khas cirebon, area taman selfi, dan permainan tradisional.

"Itu tentunya yang sudah jarang diketahui oleh anak muda. Jadi kami targetkan untuk anak milenial kembali mengenal sesuatu yang tradisional dan hampir punah," kata Agus Saefudin saat ditemui di lokasi, Minggu (27/1/2019).

Untuk menarik kaum milenial, di Pasar Digital Tjengkir Gading didirikan taman selfie untuk foto, mengingat banyak anak muda menyukai tempat instagramable.

Spot foto di Pasar Digital Tjengkir Gading, Jalan Nyi Ageng Serang, Kelurahan Kenanga, Kabupaten Cirebon, Minggu (27/1/2019).
Spot foto di Pasar Digital Tjengkir Gading, Jalan Nyi Ageng Serang, Kelurahan Kenanga, Kabupaten Cirebon, Minggu (27/1/2019). (Tribun Jabar/Siti Masithoh)

"Untuk itu pasar ini akan diselesaikan agar lebih bagus, karena sekarang belum 100 persen," kata Agus Saefudin.

Untuk sistem pembelian di Pasar Digital Tjengkir Gading menggunakan sendok es krim. Uang dari pengunjung ditukar dengan stik es krim sebagai transaksinya.

"Adapun yang penjual modern tidak bisa masuk ke area pasar karena aturan dari Genpi dan Kementerian Pariwisata untuk pasar digital ini harus yang tradisional," katanya.

Para pengunjung tampak berbondong-bondong untuk berfoto, bermain permainan tradisional, dan membeli berbagai jajanan tradisional.

Suasana soft opening Pasar Digital Tjengkir Gading di Jalan Nyi Ageng Serang, Kelurahan Kenanga, Kabupaten Cirebon, Minggu (27/1/2019).
Suasana soft opening Pasar Digital Tjengkir Gading di Jalan Nyi Ageng Serang, Kelurahan Kenanga, Kabupaten Cirebon, Minggu (27/1/2019). (Tribun Jabar/Siti Masithoh)

"Itu yang mereka cari dan antusiasnya sangat luar biasa, khususnya masyarakat sekitar sini, kerena di Kelurahan Kenanga ini sebelumnya tidak ada apa-apa. Sekarang kami gali potensi di sini, jadi tidak hanya mal atau kafe, harus ada juga yang tradisional," ujar Agus Saefudin.

Menurut pantauan Tribun Jabar, Pasar Digital Tjengkir Gading dipadati pengungjung di hari pertama pembukaannya.

"Seneng, sih, bisa ke sini. Dari dulu penasaran ini tempat buat apa karena sering lewat ke sini," kata Putri (15) pengunjung asal Kelurahan Sumber, kepada Tribun Jabar.

Promosikan Wisata dan Suvenis Khas Cirebon, Pemkab Luncurkan Pasar Digital Cengkir Gading

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah http://jabar.tribunnews.com/2019/01/27/pasar-digital-tjengkir-gading-hanya-menjual-kuliner-tradisional-dan-suvenir-khas-cirebon

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasar Digital Tjengkir Gading Hanya Menjual Kuliner Tradisional dan Suvenir Khas Cirebon - Tribun Jabar"

Post a Comment

Powered by Blogger.