Search

Transaksi di Pasar Ikan Modern Muara Baru Akan "Cashless" - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Transaksi jual-beli di Pasar Ikan Modern Muara Baru dirancang tidak menggunakan uang tunai alias cashless.

Sekretaris Perum Perikanan Indonesia Agung Pamujo menyatakan, pihaknya selaku pengelola Pasar Ikan Modern akan bekerja sama dengan sejumlah bank yang menerbitkan uang elektronik sebagai alat pembayaran.

"Kita akan mengenalkan konsep cashless, jadi nanti transaksi di sana kita upayakan menggunakan uang elektronik," kata Agung kepada Kompas.com, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Peresmian Pasar Ikan Modern Muara Baru Tunggu Presiden

Agung mengatakan, penerapan pembayaran nontunai berkaca dari besarnya nilai transaksi ikan di Pasar Ikan Muara Baru setiap harinya.

Agung menyebut, perputaran uang di sana bisa mencapai Rp 5 miliar per hari. Dengan angka itu, setiap lapak rata-rata mendulang uang jutaan rupiah dalam satu hari.

"Bayangkan, Rp 3-5 miliar per hari itu satu lapak itu berarti bisa jual Rp 3-5 juta. Itu uang misalkan tunai begitu kan kurang aman," ujar Agung.

Aktivitas di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (31/1/2019).KOMPAS.com/ Ardito Ramadhan D Aktivitas di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (31/1/2019).

Ia juga mengatakan, penerapan pembayaran nontunai akan memudahkan pembeli yang ingin membeli ikan dengan nominal besar.

"Kalau belinya harus tunai kan orang mikir-mikir, sekali datang mau belanja bawa uang Rp 20 juta. Makanya kita coba arahkan dengan cashless, lebih aman, lebih nyaman, lebih mudah," kata Agung.

Baca juga: Pasar Ikan Modern Muara Baru Akan Jadi One Stop Shopping

Ia yakin, sistem tersebut tidak akan merepotkan pembeli dan penjual ikan karena sistem pembayaran nontunai sudah jamak ditemui.

Rencananya, Pasar Ikan Modern Muara Baru akan diresmikan dalam waktu dekat oleh Presiden Joko Widodo. Progres pembangunan pasar telah mencapai 100 persen.

Pasar Ikan Modern Muara Baru akan menjadi pasar ikan pertama di Indonesia yang mengedepankan konsep higienitas dan "one stop shopping" aneka produk perikanan.


Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Dah https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/31/20243131/transaksi-di-pasar-ikan-modern-muara-baru-akan-cashless

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Transaksi di Pasar Ikan Modern Muara Baru Akan "Cashless" - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.